Manajemen Olahraga

Description

Perkembangan olahraga semakin pesat dan seolah tidak mampu lagi dibendung. Masyarakat pada umumnya, kian memiliki cara tersendiri untuk menikmati perkembangan olahraga. Penyajian olahraga dapat dilakukan dengan cara menampilkan pertunjukan yang mampu memberikan dampak positif bahkan memberikan ketertarikan atau magnet tersendiri bagi masyarakat. Masyarakat sangat antusias menyaksikan pertujukan/event olahraga, baik olahraga amatir ataupun professional. Sementara, di kalangan masyarakat tentu menjadi bagian dari cara menikmati kehidupan tersendiri ketika disuguhkan even olahraga, hal ini yang menajdikan banyak insan olahraga yang mulai melihat serius akan perkembangan olahraga di Indonesia.

Event olahraga yang digelar di penjuru wilayah negeri ini seakan memberi dampak yang sangat besar bagi wilayah dan masyarakat disekitarnya. Keberadaan event olahraga secara otomatis memberi keuntungan bagi sekitar, baik itu untuk pengelola event atau bahkan masyarakat yang ikut mencari keuntungan dari sebuah proses penyelenggaraan event. Event olahraga semakin berkembang dengan berbagai cara sistem pengemasan. Meskipun secara aturan baku pertandingan akan tetap sama dengan sebelumnya sesuai dengan aturan yang berlaku, namun tidak berlaku untuk sistem kemasan event olahraganya. Pengelola event tentu berinovasi pada gaya modern yang pada intinya mampu memberikan ketertarikan kepada masyarakat sebagai target penikmat event yang diselenggarakannya.

Masyarakat umum sangat menikmati  segala pertunjukan yang dilaksanan oleh penyelenggara, tidak jarang masyarakat menjadikan event olahraga juga salah satu bentuk rekreasi bersama keluarga. Bentuk istirahat sebagai penghilang pemat dalam kesibukan melakukan kerja setiap hari, dengan menikamti event olahraga yang di selenggarakan oleh penyelenggara. Masyarakat tidak perlu untuk tau atau bahkan tidak mau tau tentang apa itu event dan bagaimana sistem penyelenggaraanya. Karena memang pada dasarnya masyarakat hanya ingin menikmati event sebagai cara untuk mengisi waktu dan bersantai dengan caranya sendiri. Keadaan ini yang menimbulkan pengertian tentang sistem dalam mengelola event atau olahraga tidak memiliki kemampuan berkembang pesat dibandingkan dengan pesatnya perkembangan olahraga sebagai permainan.

Pandangan umum masih menghubungkan olahraga dengan permainan, seperti yang mereka nikmati sebuah permainan di sebuah event. Hal ini yang menimbulkan pemahanan secara luas masih beranggapan olahraga bukanlah sebuah industri atau bisnis yang memang membutuhkan cara-cara tertentu dalam mengelolanya. Pemahaman ini juga sebagi faktor yang berdampak tentang olahraga hanyalah sebuah permainan bukan sesuatu yang membutuhkan konsep dalam pengelolaannya. Ketidak sadaran masyarakat umum pada konsep penyelenggaraan event membuat masyarakat hanya memandang olahraga hanyalah sebuah permainan, hal ini juga senada dengan di pelosok desa dan wilayah memang olahraga yang sangat berkembang pesat adalah olahraga permainan seperti bola voli, sepak bola bulu tangkis dan lain sebagainya jenis olahraga permainan.

Konsep yang harus dipahami adalah konsep tentang bagaimana sebuah event itu mampu diselenggarakan bahkan dengan baik. Event yang baik tentu event yang mampu memberikan dampak positif dan memberikan daya tarik masyarakat sebagi penikmat event yang disajikan. Alasan ini tentu membutuhkan sebuah jawaban atau solusi, guna memberi pemahaman tentang ada sebuah konsep yang harus diketahui dan dipahami oleh masyarakat umum. Konsep seperti apa yang juga memliki peran besar dalam dunia olahraga, yaitu sebuah konsep manajemen olahraga. Manajemen olahraga seakan asing bagi kita, yang biasa kita dengar tentang olahraga hanya permainan, program latihan, klub, event dan lain sebagainya namun jauh dari sebuah manajemenn olahraga.

Manajemen olahraga sebenarnya telah ada sejak zaman Yunani kuno, kira-kira pada 12 abad sebelum Masehi, yaitu dengan diselenggarakannya Olympiade kuno. Bukan hal yang baru sebuah kata manajemen didunia olarhaga, sudah berabat-abat olahraga menggunakan kata manajemen tersebut. Manajemen merupakan sebuah konsep untuk merencanakan sebuah bidang organisasi, event dan lain sebagainya. Pada intinya manajemen adalah konsep besar yang mampu memberi keberhasilan pada sebuah pelaksanaan konsep yang sudah dibuat untuk membantu menjadi tujuan konsep tersebut. Mencapai sebuah tujuan yang sudah dibuat tentu bukan hal yang mudah, membutuhkan cara-cara jitu yang terperinci dan terbukti dalam mewujudkan dalam mencapai sebuauh tujuan.

Olahraga sangat jelas memiliki sebuah tujuan dalam perkembanganya. Olahraga dilahirkan diklub-klub dalam proses pembinaanya. Pembinaan olahraga tentu membutuhkan konsep dalam mencapai sebuah tujuan, hal ini yang penulis ungkapan pada paragraph  sebelumnya tentang ada sebuah konsep dalam pembinaan olahraga. Tidak bisa muncul dengan sendirinya sebuah keberhasilan dapan dicapai dalam proses pembinaan di club olahraga. Dari sudut pandang lanjutan tentu dalam dunia olarhaga akan mengukur keberhasilan pembinaan tentu dengan mengadakan event, pembinaan saja membutuhkan konsep bagaimana dengan event yang lingkupnya besar. Disinilah peranan manajemen dalam lingkup yang besar di dunia olahraga.

Pada dasarnya manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya yang dimiliki oleh organisasi, sehingga upaya tersebut dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dapat diasumsikan bahwa organisasi merupakan sebuah wadah yang menjadi tumpuan olahraga di Indonesia. Baik atau tidak sebuah organisasi yang menaungi olahraga tentu akan memberikan dampak pada perkembangan olarhaga. Jadi sudah sangat jelas tanpa disadari tubuh olarhaga dipenuhi dengan konsep manajemen.

Manajemen yang baik dan benar yang perlu diberikan pada semua individu yang memiliki peranan penting dalam perkembangan olahraga. Pemberian pemahaman dasar serta standard manajemen yang harus diterapkan dalam sebuah konsep pembinaan olahraga yang mungkin diawali dari standart manajemen yang benar diklub-klub olaraha yang ada. Dimulai dari situlah keberadaan manajemen olaharga akan memberi garis dan benang merah yang jelas dalam melihat keberhasilan sebuah organisasi olahraga maupun event-event olaraga.

Peranan manajemen terhadap perkembangan olahraga memang sangat erat dan sekan tidak mampu lagi untuk dipisahkn, dengan itulah penulis menulis sebuah buku tentang manajemen olahraga (definisi, fungsi dan peranannya). Diharapkan buku ini mampu menjadikan perkembangan olahraga dimulai pada organisasi olahraga yang memmiliki standard manajemen yang baik dan tentu benar.

 Pencegahan dan Penanganan Cedera Olahraga

Description

Puji syukur penulis sampaikan kehadirat Allah SWT, atas rahmad dan karunianya penulis akhirnya mampu menyelesaikan buku penvegahan dan penanganan cedera olahraga menggunakan aplikasi kinesio taping. Ucapan terimakasih penulis dengan tulus sampaikan kepada istri, anak serta orang tua yang selalu setia serta tak henti memberi dukungannya dalam setiap aktifitas penulis, semoga mereka selalu dalam lindunganNYA, amin.

Olahraga merupakan kegiatan mengolah raga atau tubuh, yang pada artinya olahraga selalu berkaitan dengan kegiatan fisik. Keterlibatan fisik dalam kegiatan olahraga menimbulkan banyak dampak baik yang positif maupun yang negatif. Prinsipnya hasil positif tidak memerlukan kekhawatiran, sebaliknya pengaruh negatif tentunya perlu diwaspadai dan seharusnya memperoleh perhatian khusus dari kita sebagai salah satu pelaku olahraga.

Cedera pada olahraga salah satu contoh yang sangat mungkin akan terjadi akibat gerakan fisik dalam olahraga. Hal ini akan sangat mengurangi hasil pada setiap penampilan olahraga, yang paling di khawatirkan akan menghambat proses latihan dan tujuan pencapaian prestasi olahraga. Dibutuhkan rehabilitasi yang panjang disesuaikan dengan tingkat cidera yang dialami.

Kinesio Taping hadir dalam dunia olahraga yang bertujuan untuk membantu mengurangi resiko cidera sampai pada tahab membantu rehabilitasi cidera yang terjadi akibat aktifitas olahraga. Diharapkan Kinesio Taping ini menjadi salah satu pilihan untuk membantu menyiapkan kondisi fisik atlet tampil maksimal dalam setiap aktifitas olahraga sampai pada event guna memperoleh prestasi maksimal.

Penulis dengan penuh kesengajaan menulis buku ini, guna memberikan pemahaman kepada para pembaca dalam penggunaan Kinesio Taping dalam mencegah dan menangani cedera olahraga. Harapan penulis kinesio taping tidak hanya sekedar tempelan belaka namun melalui cara aplikasi yang benar kinesio taping mampu mencegah dan membantu proses rehabilitasi cedera pada olahraga.

BUKU BOLA VOLI

Description

Buku ini membahas tentang bagaimana cabang olahraga bolavoli dicetuskan di dunia hingga pada akhirnya dibawa keindonesia. Dengan demikian permainan bolavoli memiliki cerita sejarah yang sangat panjang, dan penulis kemukakan dengan jelas dari bab demi bab sehingga pembaca mampu memahami sejarah dan hal-hal yang menjadikan bolavoli mampu bertahan sampai saat ini.

Permainan bolavoli juga memiliki peraturan dalam memainkan permainannya, dalam buku ini juga dikupas tentang peraturan permainan bolavoli, sehingga membantu pembaca untuk mengetahui peraturan dalam permainan bolavoli.

Sarana dan prasarana juga penulis bahas sehingga para pembaca juga mampu mendapatkan informasi tentang sarana dan prasarana yang digunakan dalam permainan olahraga bolavoli, sehingga para pembaca dimudahkan jika ingin mendiirikan sebuah lapangan dan spekulasi yang digunakan dalam lapangan dan sarana penunjang lainya.

Buku ini juga membahas tentanng teknik yang digunakan dalam permainan bolavoli. Sehingga dapat dipelajari tahapan demi tahapan dengan teknik yang benar. Pemahaman pada teknik yang benar akan memudahkan dan memberi kemaksimalan dalam melakukan permainan olahraga bolavoli.

Buku ini juga sengaja ditulis untuk dijadikan pedoman dalam memberikan pelatihan, pembelajaran bolavoli, kebutuhan latihan bolavoli, atlet dan juga pelatih. Sehingga dengan pemahaman yang lengkap diharapkan akan memberikan dampak positif bagi para pembaca.

BUKU SPORT MASSAGE

Description

Pengetahuan tentang masase, khususnya masase terapi, penting sekali bagi mereka yang bergerak dibidang keolahragaan dan kesehatan, termasuk para pelatih di klub olahraga dan pusat latihan olahraga. Masase terapi penting bagi olahragawan asuhannya di dalam usaha meningkatkan dan mempertahankan kondisi fisik serta prestasinya. Di bidang kesehatan, masase memberikan bantuan bagi usaha penyembuhan beberapa macam cedera, penyakit kronis, serta gangguan fungsional dan kelainan-kelainan pada tubuh.

Masase adalah suatu seni gerak tangan yang bertujuan untuk mendapatkan kebugaran, memulihkan cedera, menyembuhkan penyakit, dan mendukung prestasi olahraga atau kerja. Efek mekanis dari gerak tangan ini akan menimbulkan rasa tenang dan nyaman bagi penerimanya. Masase dapat diberikan kepada semua orang, laki-laki, perempuan, tua, muda, dewasa maupun anak-anak, bahkan juga pada binatang piaraan.

Keunikan masase terletak pada  kemampuannya sebagai alat untuk menjalin komunikasi tanpa kata antara pemberi dan penerimanya. Dengan sentuhan tangan yang halus, lembut dan kadang kuat serta mantap, seorang masseur dapat menimbulkan rasa senang serta simpati si penerima kepada masseurnya. Oleh karenanya, jika mendapat masase yang baik dan benar, seseorang kadang dapat berada dalam situasi mental dan fisik yang senang, aman, dan damai. Rasa senang, rasa aman dan damai inilah yang menyebabkan berhentinya tangisan anak atau bayi, berkurangnya keluh kesah orang yang mengalami ketegangan jiwa, ataupun penderita yang mengalami cedera maupun sakit.

BOLAVOLI

Description

Perkembangan olahraga bolavoli semakin pesat diawali dari perubahan nama permainan olahraga hingga sampai pada perubahan peraturan dan system pertandingan. Proses perjalanan ini mau tidak mau harus diikuti dan dipahami, sehingga kita mampu menghargai sebagai dasar awal dalam menjaga dan mengembangkan permainan olahraga bolavoli.

Bukan tanpa alasan perkembangan olahraga bolavoli yang sedemikian pesat pada saat ini. Indonesia merupakan salah satu Negara yang sangat pesat perkembngan olahraga bolavoli, hal ini dapat dibuktikan bahwa masyarakat semakin jatuh hati dalam memainkan olahraga permainan bolavoli ini. Masyarakat pada umumnya bukan untuk mendapatkan sebuah prestasi olahraga, melainkan mengisi waktu luang dan beraktivitas gerak guna menjaga kesehatan.

Artinya olahraga bolavoli sudah menjadikan masyarakat sadar akan kepentingan investasi kesehatan jangka panjang memalaui permainan olahraga gerak bolavoli. Hal ini bukan suatu hal yang mudah tentunya, karena untuk meyakinkan masyarakat bermain bolavoli itu sangat susah. Boola voli bukan seperti olahraga lainya katakanlah sepak bola. Karena bolavoli dalam memainkannya harus mampu menguasi teknik dasar agar bola mampu menyebrangi net dalam permainan. Lain dengan sepak bola yang dilakukan secara berantai tanpa ada penghalang atau net.

Namun perlu diketahui bukan semata-mata saat ini bolavoli marak dipermainkan, sebenarnya sejak selesai perang dunia ke II permainan bolavoli sudah muali diperkenalkan. Zaman dahulu keberadaan penjajah belanda sangat memiliki peran penting dalam pengenalan permainan bolavoli, yakni pelalui guru dalam mengajar disekolah.

Pada tahun 1977 kejuaraan PON IX dijakarta, yang diselenggarakan di gelanggang remaja Bulungan, pada babak semi final tidak dapat menampung penonton yang begitu banyak. Jumlah penonton yang mencapai ± 12.000 orang membuat over kapasitas di gelanggang remaja bulungan sehingga memaksa pertandingan untuk dihentikan dan dipindahkan ke ISTORA senayan.

Demikian suksesnya keberadaan cabang olahhraga bolavoli untuk memikat hati masyarakat, bahkan pada waktu itu bolavoli menduduki peringkat kedua setelah sepek bola dalam kecintaan oleh masyarakat. Ini tentu campur tangan banyak pihak yang selalu konsisten dalam memajukan dan memberikan inovasi dalam pembinaan sehingga cabang olahraga bolavoli mampu digerami banyak masyarakat.

Mengingat hal-hal diatas, tentu kita tidak boleh memberi kemuduran pada cabang olahraga bolavoli ini. Bahkan kita yang hidup digenerasi sekarang sudah sehaurnya lebih konsisten dan peduli sepenuhnya dalam mengembangkan olahraga bolavoli ini. Sehingga pada akhirnya cabang olahraga bolavoli tidak sekedar menjadi olahraga msyarakat akan tetapi juga aktif dalam memperoleh gelar kejuaraan baik nasional maupun dunia.

BUKU PRAMUKA

Description

Salam Pramuka..,

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidik -an kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia.

Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari praja muda karana, yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan, Pelatih, Pamong Saka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.

Sedangkan yang dimaksud “kepramukaan” adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur.

Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia. Penyesuaian dengan keadaan dimaksutkan pada strategi strategis dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

 

Mengetahuai tentang perbedaan antara pramuka dan kepramukaan, meyakinkan kita bahwa organisasi norformal yang diterapkan melibatkan anak sekolah dirasa sangat tepat. Karena kebutuhan anak dalam hal ini remaja sangat ditentukan melalui sebuah system yang merekaa alami selama berkehidupan.

Kepramukaan memiliki sebuah konsep yang menarik, teratur dan memiliki bentuk tanggung jawab terhadap tumbuhnya karakter patriotisme mengakibatkan gerakan pramuka sampai saat ini masih dibudayakan di Indonesia.

Tidak ada yang sanggup menyangkal keberhasilan konsep kepramukaan dalam membentuk akrakter manusia, proses pembelajaran dam kegiatan pramuka diyakini akan mampu membantu banteng Negara dalam kontek kepribadian bangsanya.

Buku ini akan menjelaskan tentang gerakan pramuka dalam konteks kepramukaan, memberikan pemahaman secara luas dan tuntas tentang sejarah pramuka sampai bagaimana pramuka saat ini di Indonesia. Ini sangat perlu dan penting untuk dikaji lebih dalam, karena memiliki dampak yang sangat positif.

 

 

 

 

 

 

Buku Mengenai Peningkatan Kondisi Fisik Atlet

Description

Optimalisasi prestasi olahraga membutuhkan dukungan dari segala aspek penunjang, salah satunya adalah kemajuan teknologi. Olahraga menjadi bagian organisasi di Indonesia yang sudah seharusnya melibatkan kemajuan teknologi atau hasil dari IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi). Olahraga tidak bisa berdiri sendiri, dibutuhkan banyak hal demi mencapai sebuah tujuan dalam tubuh induk organisasi olaraga.  Keberadaan IPTEK yang semakin memberi jalan terang terhadap pencapaian tujuan dalam olahraga, ini menjadi kabar baik sekaligus solusi bagi olahraga di indonesia guna melengkapi segala bentuk kekurangan yang ada. Bagaimana olahraga akan mampu bersaing di kancah dunia jika tidak mau membuka mata dan menerima perkembangan IPTEK seperti kebanyakan negara-negara lain memanfaatkan IPTEK dengan sebaik mungkin. Para pakar terus berinofasi dan bahkan menemukan banyak teknologi yang dapat dimanfaatkan didalam perkembangan olahraga guna mempermudah dalam mencapai puncak prestasi. Hal yang sangat sederhana dalam olahraga adalah pembicaraan tentang kondisi fisik, karena memang mau tidak mau olahraga selalu berhubungan dengan kondsi fisik atlet. Tentu akan ada perbincangan yang menarik jika mengulik kondisi fisik, yang dimaksut disini adalah tentang pemaksimalan kondisi fisik atlet. Benar sekali jika banyak orang berbicara tentang program peningkatan kondisi fisik atlet, sangat diakui dan bahkan itu harus dilakukan, dengan program yang tepat maka peningkatan kondisi fisik akan maksimal. Namun, pada zaman sekarang tentu kita harus bersaing dengan segala bentuk upaya dan daya yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi demi membantu kondisi fisik mencapai puncak maksimal. Membicarakan kondisi fisik tentu membicarakan kemampuan otot dalam melakukan aktivitas gerak, sehingga membutuhkan bagaimana cara untuk memaksimalkan kerja otot tanpa harus mengeluarkan kerja maksimal ? tentuk ini pekerjaan yang bukan mudah, namun jika mampu terjawab maka program latihan yang sudah membuat otot kuat akan lebih maksimal karena kerja otot akan semakin ringan dan tentu menjadi tahan lama. Puluhan tahun yang silam sebenarnya telah ditemukan perekat yang saat ini sering disebut dengan kinesio taping. Perekat ini sangat elastis dan memiliki mafaat sebagai pembantu kerja otot karena sifat elastisnya serta dapat juga digunakan sebagai stabilisasi sendi. Perekat ini mungkins ederhana, jika kita lihat hanya seperti perekat biasa, namun bagi otot ini sangat membantu kerja otot sehingga otot akan lebih ringan melakukan kerja dalam menimbulkan gerak sehingga berdampak pada otot akan memiliki daya tahan yang lebih lama. Penulis sudah sering munggukan perekat ini dalam menangani permasalahan otot dan sendi pada atlet, dan sangat terbukti, perekat ini mampu memfasilitasi kerja otot dan sendi sehingga atlet kembali memiliki kemampuan kondisi fisik. Sehingga penulis rasa perlu ditulis daam bentuk buku, semoga tulisan singkat dalam buku ini mampu memberikan sedikit tambahan pengetahuan bagi para pembaca. Bukan tanpa alasan penulis menulis buku ini, berlatar belakang beberapa kali penulis menangani atlet yang memiliki masalah dengan otot dan sendi namun kembali memiliki kondisi fisik yang lebih baik ketika penulis aplikasikan kinesio taping pada pasien. (Editor: Ferdy Mayu, S.Pd)

 

 

 

 

 

Buku Mengenai Pencegahan dan Penanganan Cedera Olahraga

Description

Perkembangan olahraga semakin pesat, manusia pada zaman sekarang seakan benar-benar menjadi bagia dalam dunia olahraga. kepedulian ini menjadikan semakin maraknya berbagai macam jenis olahraga yang memasyarakat. Zaman dahulu hanya olahraga permainan yang memasyarakat, seperti bola voli, sepak bola, bulutangkis dan berbagai jenis permainan lainya. Namun pada era sekarang ini sudah merambah ke olahraga yang lainya seperti renang, senam, sampai pada olahraga air lainya. Kondisi ini meyakinkan bahwa pada zaman sekarang tidak hanya para atlet dan insan olahraga yang berorientasi pada prestasi saja yang menggeluti olahraga pada setiap harinya, khalayak umum juga sudah mulai meramaikan dunia olahraga yang bukan pada alasan prestasi melainkan kesahatan dan mengisi waktu senggang yang mungkin sebagaian orang menyebutkan sebagai aktifitas social yang memberi manfaat. Banyak sekali kajian-kajian yang sudah rampung diteliti oleh para pakar tentang manfaat olahraga. manfaat olahraga pada umumnya mampu meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Hal ini senada dengan kebutuhan masyarakat yang pada umumnya sudah menerapkan hidup yang tidak sehat, kenapa demikian pada umumnya masyarakat sudah meninggalkan budaya berjalan kaki dalam kehidupan sehari-hari melainkan sudah menggantinya dengan mengendarai kendaraan bermotor. Dilihat dari segi pola makan juga sudah pada aturan pola makan yang tidak sehat. Dengan alasan itulah sederhananya masyarakat mencarai solusi dengan berolahraga guna tetap menjada kesehatan dan meningkkatkan kebugaran. Kebugaran dan kesehatan kian diminati masyarakat umum, karena memang hal ini diyakini mampu menyeimbangkan kebiasaan dari pola hidup dan makan yang kurang sehat. Kebugaran terkait dengan kesehatan terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut ; daya tahan kardiorespirasi, daya tahan otot, kekuatan otot, komposisi tubuh. Kebugaran yang terkait dengan keterampilan terdiri dari kecepatan, daya ledak, keseimbangan, kelincahan, dan koordinasi. Melihat kebiasaan masyarakat yang sudah mulai menggeluti olahraga, maka perlu dikaji tentang efek negative yang juga mungkin akan timbul secara bersamaan dengan tumbuhnya tingkat kesehatan dan kebugaran. Banyak sekali jenis cedera yang diakibatkan karena olahraga, seperti cedera otot, ligament, tendon serta persendian. Cedera juga bisa terjadi karena terlalu sering dalam melakukan olahraga. Kinesio taping masuk kedalam upaya pencegahan tersier karena kinesio taping mampu digunakan sebagai mekanisme protektif selama penyembuhan dan fase rehabilitiasi suatu cedera. Banyak pendapat mengatakan, kinesio taping yang digunakan saat bertanding bertujuan untuk mengurangi gejala nyeri yang terjadi dan mengurangi resiko cedera berulang. Buku ini akan menyajikan tentang dasar-dasar aplikasi kinesio taping. Banyak masyarakat yang sadah menggunakan kinesio taping, namun pada dasarnya hanya sekedar menggunakan saja tanpa ada buku panduan yang pasti. Melalui buku dasar-dasar aplikasi kinesio taping ini akan lebih meudahkan dan memberi panduan yang jelas pada pengguna kinesio taping dengan metode taping. Pada buku ini juga disajikan tahapan dalam bentuk gambar agar pembaca lebih mudah memahami isi dan tahapan aplikasi kinesio taping. (Editor: Ferdy Mayu, S.Pd)

 

Buku Mengenai Sport Massage

Description

Pengetahuan tentang masase, khususnya masase terapi, penting sekali bagi mereka yang bergerak dibidang keolahragaan dan kesehatan, termasuk para pelatih di klub olahraga dan pusat latihan olahraga. Masase terapi penting bagi olahragawan asuhannya di dalam usaha meningkatkan dan mempertahankan kondisi fisik serta prestasinya. Di bidang kesehatan, masase memberikan bantuan bagi usaha penyembuhan beberapa macam cedera, penyakit kronis, serta gangguan fungsional dan kelainan-kelainan pada tubuh. Masase adalah suatu seni gerak tangan yang bertujuan untuk mendapatkan kebugaran, memulihkan cedera, menyembuhkan penyakit, dan mendukung prestasi olahraga atau kerja. Efek mekanis dari gerak tangan ini akan menimbulkan rasa tenang dan nyaman bagi penerimanya. Masase dapat diberikan kepada semua orang, laki-laki, perempuan, tua, muda, dewasa maupun anak-anak, bahkan juga pada binatang piaraan. Keunikan masase terletak pada  kemampuannya sebagai alat untuk menjalin komunikasi tanpa kata antara pemberi dan penerimanya. Dengan sentuhan tangan yang halus, lembut dan kadang kuat serta mantap, seorang masseur dapat menimbulkan rasa senang serta simpati si penerima kepada masseurnya. Oleh karenanya, jika mendapat masase yang baik dan benar, seseorang kadang dapat berada dalam situasi mental dan fisik yang senang, aman, dan damai. Rasa senang, rasa aman dan damai inilah yang menyebabkan berhentinya tangisan anak atau bayi, berkurangnya keluh kesah orang yang mengalami ketegangan jiwa, ataupun penderita yang mengalami cedera maupun sakit.(Editor: Ferdy Mayu, S.Pd)

 

Modul Mengenai Pemahaman Recovery Olahraga

Description

Pelatihan yang efektif memerlukan penanganan yang continue, hal ini merupakan rangkaian dari recovery yang terdapat didalamnya. Tujuan utama dari recovery yang dilakukan adalah terjadinya proses pulih asal sesuai kondisi homeostasis tubuh setelah terjadinya latihan dan mempertahankan kondisi fisik dan psikologis dalam status tertinggi. Makna permanen dari recovery harus mengikuti kaidah-kaidah sebagai berikut: Pertukaran yang rasional antara kerja dan fase regenerasi. Kesempatan untuk menghilangkan tekanan sosial. Membuat suasana tim yang menyenangkan, tenang, percaya diri.(Editor: Ferdy Mayu, S.Pd)